Purwokerto—Dalam rangka layanan unit kebahasaan di lingkungan UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto, UPT Bahasa UIN Saizu gelar benchmarking ke beberapa lembaga dan kampus di Jakarta. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Senin—Rabu (11—13/09/2023) serta diikuti oleh seluruh staf dan dosen yang ditugaskan di UPT Bahasa. Lembaga-lembaga yang dikunjungi di antaranya Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), UHAMKA Language Development Centre, dan Pusat Pengembangan Bahasa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 

Dari lawatan di Badan Bahasa, tim UPT Bahasa mendapatkan beberapa informasi mendetail tentang pelaksanaan uji kemahiran bahasa Indonesia (UKBI). Selama ini, UPT Bahasa UIN Saizu masih fokus melaksanakan tes uji kompetensi bahasa aasing (UKBA). Ke depannya, UPT Bahasa UIN Saizu berharap dapat menjadi mitra Badan Bahasa untuk melaksanakan UKBI.

Dari lawatan ke UHAMKA Language Development Centre, tim UPT Bahasa mendapatkan inspirasi untuk meningkatkan antusiasme publik atau masyarakat umum agar memanfaatkan layanan yang ada di UPT Bahasa seperti penerjemahan, tes bahasa asing, maupun pelatihan TOEFL prediction dengan sistem “jemput bola”, yakni turun langsung ke lapangan dan datang ke lembaga-lembaga maupun pengguna.  

Dari lawatan ke Pusat Pengembangan Bahasa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (PPB UIN Sahid), tim UPT Bahasa UIN Saizu mendapatkan informasi serta inspirasi menarik perihal upaya yang tengah digagas PPB UIN Sahid yakni semacam media belajar bagi para mahasiswa yang belum lulus UKBA dengan metode tutor sebaya. 

Tak hanya mendapatkan informasi dari lembaga-lembaga yang dikunjungi, UPT Bahasa UIN Saizu juga berbagi pengalaman dan program-program yang dilaksanakan di kampus UIN Saizu. 

“Kami berharap dengan pengalaman kunjungan ke beberapa lembaga ini, informasi dan pengalaman yang kami dapatkan dapat dijadikan inspirasi serta upaya inovasi untuk meningkatkan kualitas layanan dan peluncuran program-program baru,” tutur Dr. Ade Ruswati, kepala UPT Bahasa UIN Saizu. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *