Purwokerto—UPT Bahasa UIN Raden Mas Said Surakarta kunjungi UPT Bahasa UIN Saizu pada Rabu (23/8/2023). Kegiatan tersebut dilaksanakan guna meningkatkan layanan kebahasaan di UPT kampus masing-masing. 

Dalam kunjungannya, UPT Bahasa UIN Surakarta menggali informasi seputar pelaksanaan tes kebahasaan di UPT Bahasa UIN Saizu yang telah tersistem dengan cukup baik. Beberapa program pelatihan bahasa yang dilaksanakan UPT Bahasa UIN Saizu juga disampaikan dan menjadi inspirasi bagi pihak UPT Bahasa UIN Surakarta. Selain laksanakan kunjungan, kedua belah pihak juga teken MoA terkait bidang bahasa dan budaya. 

Beberapa poin yang terdapat di perjanjian kerja sama tersebut di antaranya adalah penyelenggaraan penelitian kolaboratif bidang bahasa dan budaya; penyelenggaraan program bahasa Indonesia untuk penutur asing (BIPA); pembinaan dan pengembangan bidang penerjemahan; pembinaan kompetensi kebahasaan mahasiswa, tenaga pendidik, dan  tenaga kependidikan; penyelengaraan pengabdian kepada masyarakat bidang bahasa dan budaya; penyelenggaraan seminar dan pelatihan terkait pengembangan profesi dosen bahasa; penyelengaraan tes bahasa asing berstandar internasional.

“Kami sangat berterima kasih telah disambut dengan begitu baik di sini. Semoga ilmu dan pengalaman yang kami dapatkan di UPT Bahasa UIN Saizu ini bisa menjadi motor yang menggerakan inovasi di kampus kami, UIN Surakarta,” tutur Dr. Supandi, M.Ag., Kepala UPT Bahasa UIN Raden Mas Said Surakarta. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *